Wednesday, May 2, 2007

Gaji Pas-Pasan Butuh Pemasukan Tambahan


Assalamu'alaikum wr wb

Pak Zainal, perkenalkan saya Wendra di Pekanbaru.

Saya seorang karyawan sebuah perusahaan swasta yang merasa bahwa kalau hanya mengandalkan pendapatan dari gaji saja tidak akan cukup untuk membiayai hidup yang semakin sulit.

Saya ingin mencoba suatu usaha, tetapi yang ada baru semangat untuk mencoba, masalah modal rasanya sangat sulit didapat, adakah tempat meminjam modal yang tidak mensyaratkan agunan dan tidak berbelit-belit?

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalam,
Wendra

Ayahsyifa

Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Wendra. Anda sudah bekerja, dan sudah pasti dapat gaji di akhir bulan. Walaupun saya tidak tahu berapa besarnya, pasti ada potensi untuk menabung karena anda sudah punya penghasilan.

Saya yakin, pasti akan ada pertanyaan berikutnya. Misalnya, bagaimana bisa menabung, untuk kehidupan sekarang saja sudah sulit dan tidak mencukupi? Itu pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang yang membangun benteng. Ketika ia punya keinginan, selanjutnya ia mengakomodasi berbagai rintangan sehingga jalan ke arah keinginan tersebut justru semakin tertutup.

Menabung adalah cara membangun jalan. Anda punya keinginan untuk memulai usaha. Untuk itu anda harus memiliki modal (setidaknya ini adalah pendapat anda). Satu-satunya potensi anda untuk mendapatkan sejumlah modal, adalah menabung.

Anda harus bersedia menurunkan derajat atau standar kehidupan anda, untuk keinginan yang lebih besar. Misalnya kalau anda sekeluarga setiap hari makan dengan daging, kurangi konsumsi itu satu atau dua kali saja dalam satu minggu. Hal tersebut tidak akan membuat keluarga anda kehilangan nyawa.

Berkorbanlah untuk masa depan anda terlebih dahulu. Jangan minta orang lain berkorban untuk masa depan anda. Kata Slank, Nggak Mungkin.........

Kalau anda berharap dapat modal dari pinjaman tanpa agunan dan tidak berbelit-belit, bisa jadi sampai akhir hayat anda tidak akan mendapatkannya. Bank, atau lembaga keuangan lainnya adalah lembaga yang mengejar keuntungan. Pertanyaan standar mereka kepada para calon peminjam adalah, apa usaha anda?

Tanpa usaha yang sudah menghasilkan keuntungan, hampir mustahil anda akan mendapatkannya. Lain halnya jika anda sudah memulai usaha, dan usaha itu menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Tanpa anda minta, maka lembaga-lembaga keuangan itu akan mengejar anda.

Kepada anda saya sarankan untuk memulai menggunakan potensi diri anda. Jangan gantungan diri anda pada orang atau pihak lain. Menggantungkan diri anda pada pihak lain pada saat ini, sama dengan mengalungkan satu ujung tali kekang ke leher anda, dan menyerahkan ujung lainnya pada orang atau pihak lain.

Orang atau pihak lain itu adalah mereka yang memberikan payung ketika musim panas (supaya anda tidak kepanasan), tetapi mengambil payung itu ketika musim hujan (sampai anda basah kuyup).

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya.
Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin, Rabu, 2 Mei 07 08:43 WIB

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger