Monday, April 9, 2007

Ketika Anjing Lebih Makmur Ketimbang Manusia

Apa pendapat Anda bila di suatu kota, binatang lebih makmur ketimbang manusianya? Di tengah banyak orang yang menderita kelaparan dan tak mendapatkan hidup layak lantaran kemiskinan, sejumlah masyarakat justeru mengeluarkan uang cukup besar untuk memberi makan binatang dan mencukupi semua kebutuhannya. Ini benar-benar terjadi. Tepatnya di Brazil.

Brazil merupakan salah satu negara yang masyarkatnya menderita keanehan ini. Meski penduduk kota itu mengalami kemiskinan cukup parah di sejumlah kota, tapi muncul fenomena lain yang kini menyebar di kota-kota Brazil dengan sebutah 'kemapanan anjing'.

Di Brazil, telah dibangun pabrik dan yayasan khusus untuk memproduk makanan istimewa untuk anjing. Bukan hanya makanan, tapi juga sejumlah fasilitas dan ragam hiburan untuk anjing seperti pakaian, penutup badan dan kaca mata untuk anjing. Di sejumlah pasar-pasar Brazil terdapat 80 jenis makanan untuk anjing, dan 25 ribu tempat penjualan makanan anjing berikut perlengkapan dan assesories anjing. Bahkan ada sepatu dan pakaian anjing yang dibedakan untuk anjing laki dan perempuan.

Pertumbuhan bisnis untuk anjing ini pun berkembang dinamis. Masing-masing perusahaan memang seperti mendapatkan sasaran pasarnya dengan menjajakan kebutuhan anjing tersebut. Di antara perusahaan kebutuhan anjing adalah Purina dan Masterfoods. Mereka tidak memproduk makanan untuk manusia terlebih fakir miskin yang jumlahnya di Brazil lebih dari 50 juta orang menurut Presiden Brazil sendiri. Tapi perusahaan itu memang memproduk makanan anjing yang dianggap lezat sesuai selera sekitar 20 juta anjing di Brazil.

Beberapa waktu lalu perusahaan Netsle internasional bahkan turut memiliki saham di Purina berkisar 10 juta dolar. Lalu, Masterfoods pun tak ketinggalan meningkatkan biaya promosinya di televisi dan harian Brazil sebanyak 20% dari anggaran sebelumnya. Di Purina, bekerja lebih dari 7000 pegawai, di mana keuntungan tahun lalu mencapai 40%. Sementara Masterfoods memperoleh margin penjualan sebesar lebih dari dua juta dolar. Maklum, di pasaran produk Purina memenuhi 27% sementara produk Masterfoods 30%.

Sejumlah keluarga muslim di Brazil, tampaknya juga telah terpengaruh dengan trend memelihara dan melayani anjing. Mereka turut memelihara anjing dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk keperluan anjing. Padahal Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah satu keluarga memelihara anjing kecuali berkurang amal mereka satu qirath setiap hari. Kecuali anjing untuk berguru, anjing untuk menjaga, atau anjing untuk menjaga kambing. ” (HR Turmudzi)(na-str/iol)

eramuslim, Senin, 9 Apr 07 09:15 WIB

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger